minggu, 14 oktober 2012

Dalam suatu acara gereja, saya bertemu dengan seorang teman, sama sama birokrat  yang bekerja di suatu kota yang tahun ini dapat WTP. Awalnya percakapan biasa biasa saja, tapi makin lama makin menarik ketika berbicara tentang pekerjaan. Ada beda yang sangat mencolok antara kinerja pemerintahan dimana saya bekerja dan kinerja pekerjaan teman saya. Ia sendiri bertugas di bagian keuangan , suatu daerah yang "khusus" dalam instansi pemerintahan, tapi ia juga seorang pelayan di gereja, dan katanya :ia masih bisa menjaga hati nuraninya, tidak ada pergolakan dalam hati antara yang benar dan salah ,enjoy dalam bertugas, karena tata kelola keuangan di instansinya mulai dari perencanaan Asampai pertanggungjawaban jelas , transparan dan mengikuti aturan perundang undangan, beda jauh dengan dimana saya bekerja, dana SKPD jelas peruntukkannya, tidak fiktif, semua orang kantor tahu dan digunakan sesuai item item dan apa yan menjadi hak bagi pegawai ya diterima utuh, penyalagunaan sedapat mungkin ditiadakan. Kepala Daerah pun sangat baik menata birokrasi, ia lebih banyak memberi arahan, petunjuk, konsep, ceramah , poin poin yang disampaikan diterjemahkan oleh wakil dan dilaksanakan dilapangan oleh sekretaris. Bila ada aturan baru dari pusat langsung dirapatkan untuk disosialisasikan dan dilaksanakan di lapangan. Sang kepala daerah pun berprinsip : jangan pns di lingkup pemerintah yang saya pimpin menjadi miskin, bila ada yang dapat dibantu untuk peningkatan perekonomian , ia siap membantu. Aturan aturan kepegawaian pun dilaksanakan dengan baik sesuai PP 53. BKD melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya, baik ketika memberi izin belajar maupun tugas belajar. Disiplin pegawai pun diawasi dan dilaporkan. tata cara berpakaian di perketat , bagaimana mau memberi pelayanan kepada masyarakat bila cara berpakaian saja sudah tidak menarik. Dalam penentuan jabatan pun latar belakang pendidikan dipertimbangkan khususnya almamater. sebab disadari saat ini banyak beredar sarjana dengan ijazah tembak atau ijazah kaki lima, tapi karena kedekatan maka mendapat jabatan, bagaimana dengan kita yang kuliah bertahun tahun. Bagus kalau BKD menjadi filter yang baik. Kemampuan dan SDM pegawai pun ditingkatkan melalui Diklat kepemimpinan. Berbeda dengan daerah saya dari pegawai sampai saat ini tidak pernah saya mendengar program diklat PIM dari BKD. Atau mungkin anggaran ini diplot ke pos lain ya? saya tidak pernah tahu. Jangan heran , ada eselon 3 di daerah saya, tapi satupun diklat pim tidak pernah ia ikuti, ya begitulah kalau kebijakan daerah ditentukan oleh kepentingan politis. ya itulah cerita teman saya tentang daerahnya, saya katakan bersyukurlah engkau menjadi pegawai baru terbentuk dalam kondisi yang seperti ini, fondasinya sangat baik yang akan mempengaruhi cara kerja PNS sepanjang karirnya, beda di tempat saya, PNS baru masuk dalam suasana kerja, tata kelola, sistem birokrasi yang tidak sebagaimana mestinya , pasti ini menjadi pembelajaran dan dasar yang tidak baik. Lebih daripada itu yang utama adalah jangan melupakan TUHAN dalam pekerjaan, senantiasa berdoa dan mencari TUHAN supaya ia melindungi kita, memberi hikmat dan pimpinan dalam hari hari kita bertugas sebagai PNS. Jangan pula lupakan keluarga, untuk apa karier , jabatan sukses tapi keluarga hancur. Saya masih perlu bercontoh dan belajar dari daerah teman saya ini bekerja. Tapi semuanya tentu ditentukan oleh sang pemimpin daerah.

Komentar

pak muliadi mengatakan…
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Postingan populer dari blog ini

KHOTBAH 50 TAHUN EMAS

KERJA YANG DIBERKATI

TANGISILAH DIRIMU DARI LUKAS 23 :26-32