BERBUATLAH KEBAIKAN

          Suatu hari saya bercerita dengan seorang Bapak tetangga saya yang bercerita tentang kematian sahabatnya yang begitu tiba tiba , sementara bertugas di kantor mengalami pusing dan koma sampai meninggal di rumah sakit. Tetapi sayangnya bapak almarhum  ini karena perbedaan pandangan politik dan ada masalah jabatan /keuangan dengan seorang anggota DPRD tetangga rumahnya maka  hubungan memanas, merenggang dan tidak sempat berbaikan sampai ajal menjemput. Bapak tetangga saya ini pun mengambil kseimpulan dari kisah ini bahwa dalam hidup ini lebih baik saling berbaik baikan dengan orang lain, artinya apapun itu entah kita yang benar tetapi kasih, pengampunan , memaafkan, hubungan baik dengan semua orang harus menjadi yang terdepan.

             Pada waktu menerima anggaran di sebuah kantor di ibukota kabupaten, saya bersama teman teman sekantor pergi dimana kebetulan ada juga acara bersamaan . Selesai menerima anggaran tersebut karena acara yang diikuti teman teman belum kunjung selesai maka muncul niat untuk pulang lebih dahulu bersama teman saya yang sama sama menerima anggaran. Terbersit dalam pikiran , ah kesempatan pulang lebih dahulu supaya bebas biaya traktir, itu saya utarakan kepada teman saya. Tapi teman saya berkata lebih baik menunggu sama sama pulang dengan teman temanmu, jangan pikirkan biaya traktir , tapi pikirkan kebaikan yang diberi pasti akan diingat teman temanmu dan kemudian pasti akan mereka ceritakan. Saya pun sadar , menyalami tanda setuju dengan ide teman saya ini.

             Waktu makan dengan isteri saya di sebuah rumah makan, isteri bercerita dengan kebaikan seorang Bapak yang peka dengan kebutuhan tetangga yang kebetulan sementara membangun dan ia memberi hadiah berupa seng. Mantap kebaikan pasti mendatangkan kebaikan.

Tetapi yang pasti berilah kebaikan dengan tulus, jangan mengharapkan imbalan
Berilah kebaikan bukan karena timbal balik memberi karena sudah diberi.
Berilah meski sebenarnya yang diberi adalah orang yang tidak menyukai kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHOTBAH 50 TAHUN EMAS

KERJA YANG DIBERKATI

TANGISILAH DIRIMU DARI LUKAS 23 :26-32