Pendapat bagus!

Pengamat politik Sulut, Dr Ferry Liando saat diwawancarai Tribun Manado, Sabtu (19/1/2013) menjelaskan, saat kampanye, pasangan ini mengumbar banyak program dan janji untuk membangun Minahasa.

"Ada banyak program dan janji yang telah disampaikan pada masyarakat. Bagi saya, setengah saja dari semua yang dijanjikan itu bisa ditepati maka akan sangat terasa pembangunan di Minahasa. Tidak perlu semuanya ditepati, setengah saja akan memberikan dampak yang luar biasa," ujarnya.

Liando menjelaskan, hal penting yang harus dilakukan pertama kali oleh pasangan ini adalah kembali menyatukan semua kekuatan warga di Minahasa. Menurutnya, saat ini potensi perpecahan sebagai dampak pemilukada masih terjadi. Menurutnya, warga terbagi menjadi lima kelompok dan perpecahan ini harus segera disatukan kembali.

Menurutnya, tugas JWS dan Ivansa sebagai pemimpin yang baru harus bisa meyakinkan semua masyarakat Minahasa untuk melupakan semua perbedaan pilihan. Menurutnya, persatuan semua warga bisa menjadi kunci dalam pelaksanaan program pembangunan.

"Paling utama adalah melakukan sosialisasi konsolidasi kepada masyarakat. Sebagai pemimpin, pasangan ini harus bisa merangkul semua masyarakat dan melibatkan mereka dalam program pembangunan," ujarnya.

Saat dimintai tanggapan soal rencana reformasi birokrasi yang akan dilakukan pada awal masa kepemimpinan JWS-Ivansa, Liando mengatakan, program tersebut sebenarnya tidak perlu dilaksanakan pada awal masa kepemimpinan. Menurutnya, tidak baik jika para pejabat diganti tanpa melihat kinerja mereka.

"Reformasi birokrasi atau penggantian posisi pejabat sebaiknya tidak dilaksanakan sejak awal. Harus ada kajian dan parameter penilaian yang jelas untuk menentukan posisi pejabat," ujarnya.

Dirinya mengatakan, jika memang ada pejabat yang potensial dan memiliki kemampuan pada bidangnya maka pejabat tersebut harus diperhatikan. Jangan menilai posisi pejabat berdasarkan keberpihakan saat pemilukada. Menurutnya, bukan rahasia lagi jika dalam setiap pelaksanaan pemilukada, para pejabat sering menjadi korban untuk mendukung pimpinan mereka.

Tribun Manado - Minggu, 20 Januari 2013 09:11 WITA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHOTBAH 50 TAHUN EMAS

KERJA YANG DIBERKATI

TANGISILAH DIRIMU DARI LUKAS 23 :26-32